Full Islamic Learning

Ucapkan bismillah....

Selasa, 16 November 2010

Melintasi Zaman, Engkau Tetap Menjadi Panutan

Lahir ke dunia di saat bumi sedang dibanjiri kegelapan. Kehadirannya membuat seluruh makhluk di dunia tergempar. Ibarat sebuah penerang, beliau turun dengan cahaya Illahi. Mereka menyambut seorang manusia biasa yang kelak akan menjadi pemimpin yang tak akan ada pemimpin yang bisa menandinginya karena beliau adalah panutan bagi pemimpin seluruh zaman. Dialah panutan bagi seluruh umat manusia, Nabi Muhammad Sholallahu'alihiwassalam.

Kepemimpinannya dapat dilihat ketika beliau menginjak usia anak-anak. Ketika itu beliau terlahir menjadi yatim piatu. Walaupun masih berusia anak-anak beliau sudah menunjukkan sifat mandirinya dan itu salah satu dari sifat kepemimpinan yang beliau miliki. Beliau tidak pernah menyusahkan paman yang mengasuh beliau, bahkan beliau meringankan beban-beban keluarga pamannya. Tidak hanya itu saja, bahkan beliau pun turut membantu pamannya berdagang sejak beliau berumur sekitar delapan tahun. Dan melalui pengalaman tersebut beliau pun menjadi ahli dalam berdagang. Bukan hanya pedagang yang biasa namun beliau pun menjadi pedagang yang sangat disegani orang banyak dikarenakan kejujuran dan kewibawaan beliau dalam berdagang. Tak ada satupun pembeli yang mengeluh jika berdagang dengan beliau. Benar-benar luar biasa beliau dalam bidang perekonomian.

Dalam keluarga pun beliau menjadi panutan para kepala keluarga. Kemampuan beliau dalam mengatur urusan keluarga sangat menakjubkan. Tak ada satupun dari istri-istrinya yang mengeluh akan kepemimpinan beliau dalam rumah tangga. Sebagai seorang suami yang bijaksana beliau pun tak segan untuk membantu istrinya memasak di dapur. Beliau setelah menunaikan sholat langsung bersegera ke rumah untuk membantu pekerjaan istri-istrinya.

Memang tidak dapat dipungkiri kemampuan pemimpin yang dimiliki Nabi Muhammad Sholallahu'alihiwassalam. Beliau di utus ke dunia untuk menyebarkan risalah dari Allah yang mana tugas ini merupakan tugas yang sangat berat yang beliau emban. Namun dengan kesabaran beliau tugas ini perlahan namun pasti beliau jalankan. Kesabarannya menjadikan beliau pemimpin yang sangat luar biasa hingga risalah beliau pun menurun ke generasi-generasi setelah beliau. Bahkan masih bisa kita rasakan sampai detik ini risalah Islam yang telah beliau sebarkan.

Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang mampu melahirkan pemimpin-pemimpin yang tangguh, sungguh tepat kalimat tersebut kita berikan kepada Rasulullah. Banyak generasi yang lahir menjadi pemimpin tangguh berkat kepemimpinan beliau. Tentu saja kepemimpinan yang beliau punya tak lepas dari pemberian Allah. Mulai dari sosok Abu Bakar ra. yang menjadi khalifah setelah wafatnya Nabi Muhammad. Abu Bakar dengan ilmu yang diberikan Rasulullah (baca=islam) mampu membuat sebuah kerajaan islam yang tangguh. Lalu ada Umar bin Khattab yang berkat islam beliau menjadi pemimpin yang kurang tidur pada malam harinya dikarenakan setiap malam beliau langsung turun ke jalan untuk memeriksa kondisi rakyatnya apakah masih ada yang kelaparan di malam hari itu. Lalu di masa selanjtunya ada Umar bin Abdul Aziz. Berkat pengaruh yang diberikan Rasulullah melalui ajaran islam, Umar bin Abdul Aziz menjadi pemimpin emas di masanya. Beliau mampu membuat kemakmuran di negeri islam yang terbentang dari Afrika hingga Asia. Adapun kemakmurannya adalah tak ada satupun rakyatnya yang mau menerima emas dikarenakan sudah makmurnya rakyat yang dipimpin Umar bin Abdul Aziz, sehingga untuk mencari orang yang layak diberikan zakat pun sangat sulit. Dan masih banyak lagi pemimpin-pemimpin yang mendapatkan pengaruh dari Rasulullah.

Hingga kini pun setelah melalui dimensi waktu yang berbeda, pengaruh kepemimpinan yang beliau tampakkan masih mewangi walaupun beliau telah wafat ratusan tahun yang lalu. Bahkan para cendekiawan barat pun sepakat untuk memposisikan beliau menjadi orang nomor satu yang paling berpengaruh sepanjang zaman. Memang benarlah beliau dijadikan panutan para pemimpin dunia.

Allahu'alam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar